Semua orang pasti suka sekali dengan kue-kue manis, cake, bread atau  dessert yang bisa menambah moodbooster kita setelah lelah menjalani kesibukan sehari-hari.

Suka gemas gak sih ketika kita pergi ke toko kue, melihat kue dengan berbagai macam hiasan. Terkadang sayang sekali untuk dimakan karena mata kita tertuju dengan keestetikan kue-kue tersebut.

Sempat berfikir gak sih , kreatif sekali seorang chef pastry itu, dan hebat dalam membuat kue. Chef nya butuh berapa lama ya untuk membuat produk kue yang enak-enak ? Kalau sekolah atau kuliah jadi Chef Pastry gitu ada tidak ya? Berapa lama masa studi nya ya seorang chef pastry itu ?? Waktu kuliah ambil program studi apa ya itu? Berbagai pertanyaan yang muncul ketika melihat seorang chef pastry.

Nah, di dunia sekolah SMK dan di dunia perkuliahan ada loh materi pembelajaran pastry tersebut. Bahkan ada juga pastry itu masuk ke Program Studi sendiri.

Di Politeknik NSC Surabaya, ada Program Studi D III Perhotelan, di program studi tersebut juga terdapat mata kuliah pastry, tak hanya diberikan materi operasional pembuatan produk pastry saja, tetapi juga dibekali materi manajemen pastry, yaitu bagaimana kita mengatur cost dalam pembuatan produk pastry.

Mata Kuliah Pastry dan Mata Kuliah Food Product sangatlah berbeda, Kalau mata kuliah Food Product lebih mempelajari semuanya mulai dari appetizer (hidangan pembuka), Maincourse (hidangan utama), dan dessert (makanan penutup). Sedangkan Mata Kuliah pastry kita akan lebih mengarah ke pembuatan dessert, bisa bread; cake; pudding; dll. Diharapkan dari capaian kompetensi pada Mata Kuliah Pastry ini mahasiswa bisa menerapkan nya dalam pekerjaan atau pun dalam membuat kewirausahaannya sendiri baik secara offline ataupun secara online penjualan produknya.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *