Definisi

Ekowisata lebih fokus pada nilai-nilai individu; ini adalah pariwisata dengan hati nurani, berbagi banyak aspirasi yang sama dengan pariwisata berkelanjutan. The International Ecotourism Society (TIES) mendefinisikan ekowisata sebagai perjalanan yang bertanggung jawab ke kawasan alami yang melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Ini berarti bahwa mereka yang melaksanakan dan berpartisipasi dalam kegiatan ekowisata harus menghormati prinsip-prinsip berikut:

  • Minimalkan dampak
  • Membangun kesadaran dan rasa hormat terhadap lingkungan dan budaya
  • Memberikan pengalaman positif bagi pengunjung dan tuan rumah
  • Memperoleh manfaat finansial langsung untuk konservasi
  • Memberikan manfaat finansial dan pemberdayaan bagi masyarakat lokal
  • Meningkatkan kepekaan terhadap iklim politik, lingkungan, dan sosial negara tuan rumah
  • Mendukung perjanjian hak asasi manusia dan perburuhan internasional

Tujuan Ekowisata

Sebagian besar tujuan ekowisata dapat ditemukan di negara-negara berkembang dengan lingkungan alam dan flora dan fauna yang berlimpah. Tempat-tempat seperti gurun, hutan hujan tropis, terumbu karang, dan gletser es adalah lokasi utama.

Yang juga penting dalam ekowisata adalah keberadaan budaya yang unik. Fokus ekowisata adalah memberikan pengetahuan baru kepada wisatawan tentang suatu kawasan alam tertentu dan budaya yang ditemukan di dalamnya, disertai dengan sedikit petualangan.

Bagi penduduk lokal, ekowisata bertujuan untuk membantu meningkatkan ekonomi lokal dan upaya konservasi. Semua pihak harus mendapatkan apresiasi baru terhadap alam dan manusia.

Umumnya, sebagian besar tujuan ekowisata yang lebih populer terletak di negara-negara terbelakang dan berkembang. Sebagai
wisatawan menjadi lebih suka berpetualang dan mengunjungi tempat-tempat terpencil dan eksotis, mereka berpartisipasi dalam kegiatan yang seharusnya mempengaruhi alam, komunitas tuan rumah, dan diri mereka sendiri secara positif.

Dan karena meningkatnya minat wisatawan, banyak negara maju mengikuti tren dan mengembangkan program ekowisata. Ekowisata dapat menjadi sumber utama promosi pembangunan berkelanjutan di seluruh dunia yang ditujukan untuk wisatawan dan masyarakat di semua negara.

Selama ini proyek ekowisata cenderung dikembangkan dalam skala kecil. Jauh lebih mudah untuk mengontrol situs tersebut, terutama karena batasan yang biasanya ditetapkan pada masyarakat, bisnis pariwisata lokal, dan wisatawan.

Batasan dapat mencakup kontrol ketat terhadap jumlah air dan listrik yang digunakan, tindakan daur ulang yang lebih ketat, pengaturan jam buka taman dan pasar, dan yang lebih penting, pembatasan jumlah pengunjung ke lokasi tertentu pada satu waktu, dan ukuran bisnis.

Sumber: Walker, J.R., 2021. Introduction to Hospitality. Eight Edition. Pearson Education Limited, UK.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.