Deskripsi posisi untuk direktur makanan dan minuman adalah deskripsi pekerjaan dan spesifikasi persyaratan yang dibutuhkan individu untuk melakukan pekerjaan itu.

Tanggung jawab Food and Beverage Director

Dalam beberapa tahun terakhir, keterampilan yang dibutuhkan oleh direktur makanan dan minuman telah berkembang pesat, seperti yang ditunjukkan oleh daftar tanggung jawab berikut:

  • Melebihi harapan tamu dalam penawaran dan layanan makanan dan minuman
  • Menampilkan kepemimpinan
  • Identifikasi tren
  • Temukan dan pertahankan karyawan yang luar biasa
  • Latih karyawan baru
  • Memotivasi karyawan
  • Anggaran
  • Kontrol biaya
  • Temukan keuntungan dari semua outlet
  • Memiliki pengetahuan kerja yang mendetail tentang operasi depan rumah dan belakang rumah

Sangat penting bagi direktur makanan dan minuman untuk mengelola dan mengendalikan biaya makanan, minuman, dan tenaga kerja. Agar tetap menguntungkan, biaya makanan, minuman, dan tenaga kerja harus berada dalam parameter yang ditetapkan oleh manajemen hotel. Ini bisa menjadi tantangan nyata jika sebuah hotel memiliki restoran khas yang tidak dilindungi dengan baik. Tantangan lainnya adalah layanan kamar atau in-room dining.

Room service

Beberapa hotel dan resor kelas atas menawarkan layanan kamar, tetapi jika tamu tidak menggunakannya atau merasa terlalu mahal, departemen pasti akan rugi. Beberapa hotel telah berhenti menawarkan layanan kamar karena kerugian yang ditimbulkan. Sebagai gantinya, mereka menawarkan pasar ambil-dan-pergi di dekat meja depan atau area lain di mana para tamu dapat memilih barang-barang dengan biaya lebih rendah untuk santapan santai.

Food and Beverage Division Organization Chart for a Large Hotel.

Direktur makanan dan minuman sering makan di restoran. Bar umumnya dikunjungi dengan klien. Direktur menemui wiraniaga secara teratur karena mereka adalah sumber informasi yang baik tentang apa yang terjadi di industri dan mereka dapat memperkenalkan prospek bisnis. Direktur menghadiri rapat staf, rapat makanan dan minuman, rapat komite eksekutif, rapat antardepartemen, rapat kredit, dan rapat pernyataan P&L.

Syarat Pengalaman dan Dedikasi

Untuk menjadi direktur makanan dan minuman membutuhkan beberapa tahun pengalaman dan dedikasi. Salah satu jalur terbaik adalah mendapatkan pengalaman kerja atau mengikuti magang di beberapa jurusan makanan dan minuman saat kuliah. Pengalaman ini harus mencakup pekerjaan dapur penuh waktu dan praktis selama setidaknya satu hingga dua tahun untuk menguasai konsep inti, diikuti dengan berbagai periode beberapa bulan dalam pembelian, toko, pengendalian biaya, pelayanan, dan layanan kamar.

Penatalayanan bertanggung jawab atas area belakang rumah seperti mencuci piring dan mengeluarkan serta menginventarisasi barang pecah belah, barang pecah belah,
dan alat makan. Tugas Stewarding termasuk menjaga kebersihan di semua area. Selain itu, satu tahun yang dihabiskan di setiap situasi kerja berikut sangat membantu: restoran, katering, dan bar.

Setelah pengalaman departemen ini, dan setelah Anda menguasai kompetensi inti, Anda kemungkinan besar dapat menjabat sebagai manajer departemen, lebih disukai di hotel yang berbeda dari hotel tempat pengalaman departemen diperoleh. Hal ini mencegah kecanggungan menjadi manajer departemen di mana orang tersebut pernah menjadi karyawan dan juga menawarkan karyawan kesempatan untuk mempelajari hal-hal yang berbeda di properti yang berbeda.

Sumber: Walker, J.R., 2021. Introduction to Hospitality. Eight Edition. Pearson Education Limited, UK.

Categories: Food Product

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *